Frequently Asked Questions FAQ


Expedito adalah platform E-Commerce yang menawarkan berbagai jasa kiriman International. Seperti halnya online booking tiket pesawat, Expedito adalah jasa booking pengiriman international.
Expedito sejak tahun 2016 telah bekerja sama dengan 11 kurir International dan telah mengirimkan hampir 1000 paket pengiriman ke seluruh dunia, kami memiliki pengalaman dan kami bisa memperoleh discount yang baik dari kurir international sehingga harga yang ditawarkan oleh expedito tentunya akan lebih murah dibandingkan datang langsung ke kurir yang bersangkutan.
Pada dasarnya semua pengiriman tetap dijalankan oleh kurir pilihan Anda, bedanya adalah ongkos kirimnya lebih hemat jika via Expedito.
Tidak, sama halnya seperti agen/broker, kami menawarkan jasa booking online dan untuk seluruh proses pengirimannya akan dilakukan oleh kurir yang dipilih oleh customer. Expedito hanya menyediakan jasa broker untuk mengirim dengan lebih murah. Artinya pengiriman paket akan menggunakan account Expedito ke tujuan.
Jika menggunakan Jasa kurir DHL dan barangnya hilang (dinyatakan hilang, rusak, atau tidak sampai dalam waktu yang lama), maka Expedito akan membantu customer untuk klaim ke DHL. Segala proses klaim, investigasi dan ganti rugi akan dilakukan dan ditanggung oleh DHL (atau kurir yang bersangkutan). Expedito adalah perantara, ketika barang sudah pindah tangan ke kurir, maka tanggung jawab pengiriman berada di kurir.
Pada dasarnya untuk penggantian kehilangan barang akan ditetapkan oleh masing-masing kurir. Kurir Regional batas ganti ruginya adalah 100 USD. Untuk Kurir International seperti DHL, TNT memiliki fitur asuransi (yang bisa mengcover nilai barang sampai 100.000 USD dan termasuk ongkos kirim yang telah dibayarkan). Silakan pilih fitur asuransi ketika tersedia.
Expedito memberikan jaminan untuk setiap kiriman yang hilang, dengan maksimal pertanggungan Rp. 1,000,000.00 (Satu Juta Rupiah) dan akan membantu melakukan klaim ke kurir yang bersangkutan, akan tetapi Expedito tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman maupun resiko bisnis lainnya.
Expedito jika tidak menjamin segala kerugian yang terjadi karena kiriman di sita pihak bea cukai di negara tujuan (karena tidak diizinkan masuk ke negera bersangkutan)
Expedito melayani pengiriman ke seluruh dunia, selain daerah perang. System door to door dengan mengunakan courier, dan selama tujuan bukan berupa alamat PO BOX.
Barang-barang yang boleh di export tentunya harus sesuai regulasi expor indonesia, selama tidak berupa: Barang berbahaya yang dilarang seperti barang / cairan yang mudah meledak atau terbakar.
Obat-obatan terlarang, senjata api asli atau replika, bahan peledak dan amunisi.
Barang yang bersifat pornografi dan barang curian.
Benda yang termasuk dalam kategori benda berharga seperti cek tunai atau surat berharga, emas, perak, uang logam, dan batu berharga lainnya.
Binatang atau tanaman hidup
Untuk negara tujuan, mengikuti aturan hukum dan regulasi yang berlaku, masing2 negara biasanya berbeda untuk hitungan pajaknya, misal untuk negara eropa barang dengan nilai di bawah 20 USD tidak di kenakan pajak. Singapore barang di bawah 100 SGD tidak kena pajak. Dan sebagainya.
Anda bisa datang langsung ke kantor kami, atau bisa juga dengan cara booking online. Jika anda berada di wilayah Jakarta dan berat paket minimal 2 kg, kami dapat menjemput paket Anda.

Caranya adalah:
  1. Daftar dan login sebagai pelanggan kami di www.expedito.co.id
  2. Masuk ke beranda, silakan pilih jenis paket, pilih negara dan isi berat barang maupun ukurannya (dimensi).
  3. Klik "Cari Harga Terbaik" dan ditampilan jenis kurir, klik Booking untuk mengisi data penerima dan informasi paket. Kemudian setelah submit akan muncul kode booking contoh: C74FS6
  4. Tulis kode booking tersebut di paket anda lalu kirim kepada kami ke EXPEDITO ANCOL, RUKAN MARINA COAST THE FOREST C2A / 6C LANTAI 4, JL. TAMAN MARINA ANCOL, JAKARTA UTARA 14430 Phone 021-26692126 /0818168184 atau tunggu jemputan kami.
  5. Begitu paket tiba kami akan memeriksa dan menimbang ulang.
  6. Setelah itu kami akan kirimkan invoice kepada anda via SMS dan Email.
  7. Lakukan pembayaran via bank BCA atau Mandiri.
  8. Jika paket sudah dikrim, anda akan mendapatkan kode tracking.
  9. Selesai.
Maximal adalah 50kg, akan tetapi untuk barang di atas 50kg, kami akan coba usahakan untuk shipment by cargo.
Lama tempuh ke singapore 1-2 hari, ke Amerika kurang lebih 4 hari kerja.
Bisa melalui transfer ke rekening kami, sebelum paket kami kirimkan, sebelumnya kami akan timbang / ukur dan mengirimkan invoice kepada anda.
Pertama, jika pengiriman tersebut tidak diasuransikan dan terjadi kerusakan/kehilangan, Expedito akan mengganti rugi dengan nilai maksimum IDR 1,000,000.00 (Satu Juta Rupiah) untuk per pengiriman (prorata untuk kerusakan).
Jika pengiriman tersebut memilih fitur asuransi, maka penggantian sesuai dengan nilai barang yang telah di informasikan oleh pengirim, berikut ongkos kirim pengiriman tersebut.
Jika memiliki Asuransi, maka proses tersebut akan disampaikan oleh pihak Expedito ke kurir pengiriman, dan biasanya membutuhkan investigasi dan waktu waktu kurang lebih 60hari kerja.
Jika tidak diasuransikan, kami akan mengganti rugi ketika barang dinyatakan hilang oleh kurir, atau dalam 30 hari kerja tidak ada kabar beritanya. Proses penggantian akan kami lakukan dalam 7 hari kerja.
Jika barang kiriman disita oleh bea cukai di negara tujuan, maka hal tersebut diluar tanggung jawab kami, adalah hak suatu negara untuk menyita barang yang dianggap dilarang masuk ke negara tertentu. Untuk itu, pastikan anda menghubungi atau berkomunikasi dengan rekan penerima di negara tujuan, bahwa barang yang dikirimkan adalah barang yang boleh masuk sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara tujuan.
Jika barang ditahan di bea cukai, biasanya adalah barang yang memerlukan izin atau surat tertentu yang perlu diisi oleh penerima, atau untuk pembayaran bea masuk/custom duty tax, biasanya tidak ada masalah selama penerima disana bisa dihubungi dan mau bekerja sama.
Jika penerima disana tidak bisa dihubungi oleh pihak bea cukai selama lebih dari 6 hari kerja, maka pihak bea cukai negara tujuan biasanya akan menolak barang tersebut dan mengembalikan barang tersebut ke negara asal.
Biaya pengembalian dan biaya yang timbul karena penolakan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Saat ini courier utama adalah DHL, selain itu ada EMS dan Firstflight. Untuk ke area saudi, UEA, kami mengunakan ARAMEX
Untuk saat ini belum, akan tetapi jika berkenan, silakan tinggalkan email anda ke sales@expedito.co.id, begitu sistem siap kami akan menghubungi anda.