Syarat dan Ketentuan


  1. Dengan membayar invoice/tagihan Expedito, pengirim setuju bahwa pengiriman ini akan mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku sebagaimana yang tertuang di bagian ini.
  2. Perbedaan pernyataan isi kiriman dan nilai barang bisa menimbulkan klaim tidak bisa diterima jika barang ditahan bea cukai dan tidak sampai.
  3. Setiap klaim kerusakan harus dilaporkan oleh Pengirim/Penerima kepada Expedito, dalam waktu 7 hari setelah paket diterima, Expedito tidak akan melayani klaim yang dilakukan lebih dari waktu tersebut. Barang pecah belah tidak termasuk sebagai barang yang bisa diklaim.
  4. Expedito tidak bertanggung jawab untuk setiap kerugian dan kerusakan yang terjadi, dan jika memang kerugian dan kerusakan terjadi karena Expedito, limit tanggung jawab Expedito adalah sampai dengan IDR 1,000,000.00 (Satu Juta Rupiah), jumlah ini adalah jumlah maksimal penggantian, dan tidak lebih dari nilai yang dicantumkan ketika mengirim paket sebagaimana yang dijelaskan pada ketentuan point 5. Setiap pengiriman paket ataupun dokumen dilakukan oleh partner kurir Expedito, sehingga jika terjadi resiko, Expedito akan membantu sebagai wakil pengirim untuk melakukan klaim ke pihak Kurir.
  5. Nilai Aktual
    • Dokumen tidak memiliki nilai komersil, akan tetapi ada biaya untuk persiapan dan pengantian, ataupun nilai lainnya.
    • Bukan Dokumen/Paket harus menyatakan nilai komersil sebenarnya sesuai referensi yang ada, ataupun biaya untuk perbaikan dan penggantian barang, dan diambil yang paling rendahnya.
    • Tanggung jawab Expedito untuk setiap kehilangan dan kerusakanan adalah senilai IDR 1,000,000.00 (Satu Juta Rupiah)
  6. Kerusakan dan kehilangan tidak termasuk kerugian tidak langsung yang mana disebabkan antara lain : keterlambatan pengiriman, kerugian pendapatan, keuntungan, bunga, dan perbedaan harga selisih pasar, dan kerugian lainnya.
  7. Expedito tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan karena proses pembungkusan yang dilakukan oleh pengirim yang tidak baik, ataupun proses pengepakan dan aspek lainnya yang dilakukan oleh pengirim.
  8. Proses Bea Cukai/Custom Clearance. Dengan ini pengirim menyatakan Expedito sebagai agen pengirim dan menunjuk kurir pengiriman untuk melakukan proses dibea cukai baik di Negara pengirim, maupun di Negara Tujuan.
  9. Biaya bea cukai. Pengirim bertanggung jawab penuh untuk menjamin bahwa penerima di Negara tujuan bersedia menerima barang tersebut dan membayar segala biaya bea cukai yang timbul, dan jika tidak dibayar, maka pihak pengirim bertanggung jawab atas segala biaya yang mungkin terjadi.
  10. Tidak mengirim barang berupa barang palsu, binatang, emas lantakan/bullion, batu mulia, senjata, peledak dan amunisi; abu manusia, barang-barang illegal seperti gading dan narkotika, diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya, barang berbahaya, bahan terlarang atau dibatasi menurut IATA (International Air Transport Association), ICAO (International Civil Aviation Organisation), ADR (Regulasi Transportasi Jalan Raya Eropa untuk barang berbahaya/ European Road Transport Regulation on dangerous goods), atau organisasi yang berkaitan lainnya (“Barang Berbahaya”).
  11. Bertanggung jawab sebagai pribadi dan membebaskan PT. Expedito Global Indonesia dari segala tuntutan hukum yang terjadi jika terjadi hal-hal yang melanggar hukum dikarenakan pengiriman paket ini.
  12. Setiap pengiriman Expedito jika terjadi kehilangan akan diganti rugi maksimum IDR 1,000,000.00 (Satu Juta Rupiah) dan status barang hilang akan berlaku jika tidak ada informasi dari kurir dalam tempo 30 hari kerja dari tanggal pengiriman.
  13. Proses penggantian kerugian atas kehilangan barang kiriman akan dilakukan dalam 7 hari kerja.
  14. Expedito tidak bisa memberikan ganti rugi atas kerugian karena keterlambatan ataupun resiko bisnis karena barang hilang/terlambat.
  15. Jika kiriman menggunakan fitur asuransi tambahan, maka otomatis klaim kehilangan akan diproses oleh kurir yang bersangkutan dan penggantian sesuai dengan nilai barang yang telah diinformasikan pada saat pengiriman.